Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi PKB DPR RI Marwan Ja'far berpendapat, sikap saling menjatuhkan dan menghujat diantara kalangan lembaga negara pada saat ini tidak sepatutnya terjadi.

"Belakangan ini muncul fenomena yang sangat memprihatinkan di masing-masing penyelenggara negara, baik legislatif, eksekutif dan yudikatif, yaitu adanya sikap saling mendegradasi dan bahkan cenderung saling menjatuhkan," kata Marwan di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, hal ini terjadi karena kurangnya sikap kenegarawanan di masing-masing penyelenggara negara dan mereka cenderung menonjolkan sikap egoisme individu ataupun kelompok sehingga mengesampingkan kepentingan yang jauh lebih luas, yakni bangsa dan negara.

Ditegaskannya bahwa adanya sikap saling mendegradasi atau menghujat dan bahkan menjatuhkan atar lembaga negara seperti itu seharusnya tidak perlu terjadi. Masing-masing penyelenggara negara harus saling menghormati dan menjunjung tinggi martabat lembaga negara demi kepentingan bangsa.

"Dibutuhkan sikap negarawan untuk tidak saling menjatuhkan antarlembaga negara," ujarnya.

Lebih lanjut Marwan mengatakan bahwa di negara demokrasi, memang tidak dilarang untuk melakukan kritik. Namun, ia menambahkan, kritik yang dibutuhkan itu adalah kritik konstruktif dengan cara dan mekanisme yang terpuji.

Ia berpendapat, sudah saatnya bangsa ini membangun kebersamaan untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih adil, makmur dan bermartabat. Hal itu dimulai dengan memberi keteladanan dalam penyelenggaraan negara dengan sikap saling menghormati dan menjunjung tinggi martabat masing-masing lembaga negara.

"Kita harus waspada terhadap pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang sengaja menciptakan suasana gaduh dan tidak kondusif dengan mengadu domba masing-masing penyelenggara negara," demikian Marwan.