Selasa, 17 Mei 2011

Malinda Dee & City Bank

Beberapa pemberitaannya;

Malinda Dee: Citibank Jadi Tempat Pencucian Uang Nasabah Selama 10 Tahun Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Inong Malinda Dee, pelaku penggelapan dana nasabah sebesar Rp 16,063, mengatakan, Citibank telah menampung dana pencucian uang nasabah Malinda selama 10 tahun. Hal itu diakui Malinda kepada kuasa hukumnya. "Malinda mengaku itu (menampung pencucian uang nasabah). Citibank tahu karena untung," kata salah satu kuasa hukum Inong Malinda Dee, Indra Sahnun Lubis, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (26/4).
Ia menambahkan, selama 10 tahun, para atasan Malinda di Citibank cabang Landmark sangat mengetahui apa yang dilakukan Malinda terhadap uang nasabahnya. Pasalnya Malinda menjadi perpanjangan tangan nasabah untuk mencuci uang tabungan tersebut.
Malinda akan menawarkan jasa lain dengan memindahkan rekening nasabah ke bisnis lain seperti asuransi dan produk Citibank lainnya. Dari pencucian uang nasabah ke bisnis lain, nasabah akan mendapatkan keuntungan. "Jika nasabah untung, Citibank juga pasti bakal untung. Tapi kenapa Malinda malah dikorbankan seperti ini?," tegasnya.
Sebelumnya Malinda ditangkap polisi karena dilaporkan pihak Citibank yang dirugikan Rp 16,063. Selain Malinda, Dwi, teller dan dua head teller, juga telah dijadikan tersangka meski tidak ditahan.


Andhika Gumilang, Suami Siri Malinda Dibekuk?

Pemeriksaan dilakukan sejak semalam dan masih berlangsung hingga pagi ini.

VIVAnews - Andhika Gumilang, artis yang juga suami siri tersangka kasus penilapan dana nasabah Citibank Malinda Dee alias Inong Malinda, masih menjalani pemeriksaan polisi. Pemeriksaan Andhika atas kasus raibnya duit nasabah sekitar Rp20 miliar itu dilakukan sejak kemarin dan masih berlangsung.
"Diperiksa penyidik Direktorat Ekonomi Khusus sejak kemarin. Dia masih menjalani pemeriksaan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar, dalam pesan singkat kepada VIVAnews.com, Rabu 27 April 2011.

Menurut Boy, pemeriksaan dilakukan sejak kemarin dan masih berlangsung. Meski demikian, status bintang iklan rokok yang terkenal dengan tag 'Mana ekspresinya?'

Apakah Andhika menikmati uang kejahatan dari Malinda? "Dugaannya seperti itu. Nanti siang diumumkan," ujar Boy.

Dalam kasus ini, polisi sudah menyita apartemen dan empat mobil mewah Malinda, yakni Ferrari merah seri F-430 Scuderia, Mercedez Benz putih seri E 350 dua pintu, Ferrari merah seri California, dan Hummer.

Andhika sudah beberapa kali terlihat datang ke Markas Besar Polri. Tapi baru kali ini pemeriksaan berlangsung sejak kemarin hingga hari ini. Apakah Andhika Gumilang ditangkap? "Dia diperiksa," kata Boy. (umi)

Saudara Malinda Dee Jadi Tersangka

"Saat ini statusnya sudah tersangka dan sudah ditahan," kata Ito Sumardi.

VIVAnews - Markas Besar Polri menangkap Fiska, saudara tersangka Malinda Dee alias Inong Malinda. Fiska diduga menerima aliran dana dari hasil kejahatan Malinda selama membobol dana milik nasabah Citibank.

"Sudah ditangkap kemarin (Kamis 28 April 2011) di suatu tempat," kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi dalam pesan singkat kepada VIVAnews.com, Jumat 29 April 2011.

Menurut Ito, saudara dari Malinda itu saat ini masih menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan yang dilakukan sejak penangkapan kemarin belum juga selesai.

"Saat ini statusnya sudah tersangka dan sudah ditahan," kata mantan Kapolda Riau ini. Berapa dana yang dinikmati Fiska dari Malinda? "Tunggu penyidikan," kata Ito.

Kemarin polisi juga menyatakan telah menangkap suami siri Malinda, Andhika Gumilang, yang juga artis. Andhika dibekuk petugas karena menerima aliran dana dari Malinda sebesar Rp311 juta. Total dana yang digasak Malinda sendiri diduga Rp20 miliar.

Dana itu dibelikan mobil mewah Hummer berwarna putih. Mobil itu dibeli atas nama Andhika, artis yang terkenal sebagai bintang iklan rokok dengan tag "Mana Ekspresinya?" itu.

Kenapa Malinda Dee Palsukan KTP Suami Siri

Selain memakai nama asli, Andhika Gumilang, aktor muda itu juga pakai nama Juan Ferero.

VIVAnews - Pasangan Andhika Gumilang dan Inong Malinda Dee semakin terpuruk dalam kasus yang membelit keduanya. Selain dijerat pasal pencucian uang, sejoli ini juga dijerat pasal pemalsuan setelah ditemukannya sejumlah Kartu Tanda Penduduk palsu milik Andhika.

Dalam penggeledahan di sebuah apartemen di Pacific Place, penyidik Direktorat Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri menemukan tujuh KTP --sebelumnya disebutkan enam-- yang diakui milik Andhika Gumilang.

Dari tujuh KTP yang ditemukan, tiga KTP menggunakan nama Juan Ferero sedangkan empat lainnya menggunakan nama Andhika Gumilang. Foto masing-masing KTP sama-sama menggunakan wajah Andhika. Namun, alamat, tanggal lahir, nomor KTP, dan tanda tangan yang tertera di KTP itu berbeda-beda.

Polisi masih mendalami siapa yang membuat KTP-KTP Palsu tersebut. Namun, diduga, itu terkait Malinda. Lantas, apa motivasinya? Dari hasil penyidikan, polisi menemukan identitas palsu itu diduga digunakan untuk memperlancar aksi kejahatan mereka. "Dari hasil pemeriksaan dokumen, dimanfaatkan untuk membeli kendaraan atas nama AG. Yang kedua digunakan untuk membuka rekening di salah satu bank swasta atas nama Juan Ferero," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 29 April 2011.

Sebelumnya, Polri telah menyita sebuah mobil Hummer warna putih bernomor polisi B 18 DIK atas nama Andhika Gumilang. Selain itu, Polri juga telah memblokir rekening atas nama Juan Ferero yang mendapat gelontoran dana sebesar Rp311 juta dari Malinda Dee. Uang itu berasal dari rekening nasabah Malinda di Citibank.

Polri, masih melakukan upaya klarifikasi kepada instansi yang mengeluarkan identitas tersebut. "Keabsahan dan bagaimana proses mendapat sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Kalau nanti terbukti dikenakan Pasal 263 KUHP," kata Boy.

Berikut beberapa identitas yang dimiliki Andhika Gumilang:
1. Nama: Juan Ferero
Alamat: Apartement The Capital Residence Tower 3 Nomor 306, Kelurahan
Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.
Tanggal Lahir: Jakarta 18 November 1975.

2. Nama: Juan Ferero
Alamat: Jalan Dharmawangsa 10. Nomor 21 A Cipete Utara Kebayoran Baru.
Tanggal Lahir: Medan, 18 Juli 1976.

3. Nama: Andhika Gumilang
Alamat: Jalan Tebet Timur Dalam IIA Nomor 12, Tebet Timur, Tebet
Jakarta Selatan.
Tanggal Lahir: Medan 18 November 1988.

4. Nama: Andhika Gumilang
Alamat: Jalan Bangka Raya Nomor 27, Bangka, Mampang Prapatan.
Tanggal Lahir: Medan, 18 November 1971.

5. Nama: Juan Ferero
Alamat: Jalan Hang Lekir V Nomor 8. Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru.
Alamat: Jakarta 18 November 1975.

Andhika Gumilang Diduga Ikut Menikmati Uang Tilepan Malinda Dee

Aprizal Rahmatullah - detikNews

Jakarta - Artis bintang iklan Andhika Gumilang diduga ikut menikmati dana nasabah Citibank yang dibobol oleh Malinda Dee. Status Andhika hingga kini masih sebatas saksi.

"Dugaannya seperti itu (ikut menerima dan menikmati)," kata Kabagpenum Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar saat dihubungi detikcom, Rabu (27/4/2011).

Boy mengatakan, pemeriksaan Andhika dilakukan sejak Selasa 26 April 2011 malam dan hingga hari ini belum selesai. Namun, Boy enggan menjelaskan berapa nilai uang Malinda yang dinikmati Andhika.

"Statusnya masih saksi. Kita masih dalami keterlibatan dia, belum bisa disampaikan," ujarnya.

Menurut Boy, penyidik baru akan memutuskan sikap soal status Andhika pada siang nanti. Saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan rapat internal.

"Nanti siang, saya baru mendapat hasilnya. Apakah statusnya tetap saksi atau bagaimana," kata Boy.

Andhika Gumilang diperiksa intensif penyidik Bareskrim sebagai saksi kasus Malinda. Berdasarkan informasi dari kepolisian, Andhika berstatus sebagai suami siri Malinda. Namun belakangan pengacara Malinda membantahnya, Andhika hanya dianggap sebagai anak angkat. Muncul dugaan Andhika adalah simpanan Malinda, karena sampai saat ini dirinya belum bercerai dengan suami aslinya, seorang pengusaha showroom mobil.

Malinda Dee, tersangka kasus pembobolan dana nasabah Citibank miliaran rupiah. Polisi juga menetapkan 3 tersangka lainnya yakni D (teller Citibank), R dan B (head teller Citibank). Mereka diduga melakukan tindak pidana pencucian uang.

Diduga Terima Aliran Dana, Saudara Malinda Bernama Fiska Ditangkap

Aprizal Rahmatullah - detikNews


"Iya, namanya Fiska. Kemarin ditangkapnya," ujar Kabareskrim, Komjen Pol Ito Sumardi saat dihubungi detikcom, Jumat (29/4/2011).

Ito mengatakan, Fiska merupakan saudara kandung Malinda. Diduga ada aliran dana hingga milliaran rupiah masuk ke rekeningnya.

"Pokoknya dia menerima aliran Malinda, jumlahnya bisa puluhan juta sampai milliaran," jelasnya.

Menurut Ito, saat ini Fiska masih diperiksa penyidik untuk diketahui sejauh mana keterkaitannya. Jika dia mengetahui soal pencucian uang, maka Fiska bisa dijerat.

"Kita tunggu saja pemeriksaannya. Ada waktu 1 hari," tegasnya.

Selain Fiska, polisi juga menangkap Andhika Gumilang, Selasa (26/4) lalu. Polisi menemukan aliran dana transfer senila Rp 311 juta dari Malinda ke rekeningnya dan menyita 3 arloji mewah. Diduga rekening Andhika dijadikan tempat pencucian uang Malinda.









:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar