Selasa, 27 Desember 2011

Aburizal: Golkar Hormati Hasil Audit BPK

VIVAnews – Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengatakan, partainya menghormati hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dalam kasus Bank Century.

Aburizal menjelaskan, BPK adalah satu-satunya lembaga negara yang diberi kewenangan untuk mengaudit kasus dana talangan Bank Century. Maka, kata dia, apapun hasil audit BPK tersebut harus dihormati semua pihak.

“Kita tidak boleh mengatakan (hasil audit) itu palsu atau salah,” ujar Aburizal dalam ‘Bincang Santai Akhir Tahun 2011 Ketua Umum DPP Partai Golkar dengan Wartawan’ di Kantor Pusat Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa, 27 Desember 2011.

Bagi Ical, panggilan akrab Aburizal, puas atau tidak puas adalah hak semua orang. Tetapi, tegasnya, semua pihak harus menghormatinya sebagai hasil dari kerja lembaga negara yang berwenang.

“Kita tidak bisa menuntut BPK untuk mengatakan si ini salah, si itu salah. Bisa jadi hasil temuan BPK itu justru menjelaskan bahwa seseorang yang selama ini dianggap salah, malah benar,” kata Ical yang hadir didampingi Sekjen Golkar Idrus Marham, dan Wakil Ketua Umum Golkar Agung Laksono dan Sharif Cicip Sutardjo.

Ical menekankan, yang kini harus dituntaskan adalah proses hukumnya. Ia pun menaruh banyak harapan kepada pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi, untuk dapat menuntaskan proses hukum Century tersebut.

Sebelumnya, Fraksi PDIP berniat menggelontorkan hak menyatakan pendapat. “Fraksi PDI Perjuangan siap melobi fraksi-fraksi lain di DPR untuk menggunakan hak-hak politik terkait Century. Kami siap menggunakan hak politik konstitusional DPR: Hak Menyatakan Pendapat,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo.

PPP juga menyatakan kecewa atas audit forensik BPK itu, meski mengaku sudah memperkirakan hasil audit tersebut tak akan menguak fakta baru seputar indikasi tindak pidana korupsi oleh pejabat terkait yang diduga bertanggung jawab atas kasus Century. “Kita sudah memprediksikan, bukti (korupsi) tidak akan ada,” Sekjen PPP Romahurmiziy.

Sebelumnya, hasil audit forensik BPK menyimpulkan adanya 13 temuan dan 2 informasi tambahan terkait adanya aliran dana Bank Century. Namun tak ada temuan terkait indikasi korupsi oleh pihak-pihak tertentu seperti yang ditunggu-tunggu oleh Tim Pengawas Century DPR. (eh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar