Rabu, 12 Juni 2013

Penggantian Taufiq Kiemas Bakal Mulus

INILAH.COM, Jakarta - Sebelum 8 Juli 2013 dipastikan akan ada Ketua MPR pengganti Taufiq Kiemas. Saat ini, pimpinan MPR tengah mempersiapkan pergantian secara definitif. Semangat kekeluargaan akan ditonjolkan dalam peggantian Taufiq Kiemas ini.
Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pimpinan MPR bersepakat pada awal pekan depan akan menggelar rapat dengan mengundang pimpinan fraksi di MPR dan kelompok DPD RI.
"Tanggal 17 Juni 2013 kita akan menggelar rapat gabungan dengan pimpinan fraksi dan pimpinan kelompok DPD RI," ujar Lukman usai rapat pimpinan MPR di gedung MPR/DPR Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (12/6/2013).
Rapat gabungam tersebut, imbuh Lukman, untuk bermusyawarah terkait pengisian lowongnya jabatan Ketua MPR. Menurut dia, di dalam Tata Tertib MPR Pasal 82 terkait kekosongan Ketua MPR maka akan digantikan dari fraksi asal. "Meski ada pandangan-pandangan lain juga. Makanya kita undang awal pekan depan," imbuh Lukman.
Dalam rapat Pimpinan MPR itu juga disepakati tidak ditunjuk pelaksana tugas (plt) Ketua MPR. Atas dasar kekeluargaan dan waktu yang tidak begitu lama, menurut Lukman, tugas dan wewenangan Ketua MPR akan dipikul empat pimpinan. "Tanggungjawab Ketua MPR akan dipikul seluruh Wakil Ketua," tegas Lukman.
Lukman memastikan, Ketua MPR secara definitif akan terpilih selama 30 hari terhitung sejak Taufiq Kiemas meninggal pada 8 Juni 2013 pekan lalu. Menurut Lukman, MPR akan menggelar sidang paripura untuk menetapkan Ketua MPR secara definitif.
Sementara, politikus senior PDI Perjuangan Pramono Anung kembali menegaskan saat ini suasana di internal PDI Perjuangan dan keluarga besar Megawati Soekarnoputri tengah berduka. Menurut Pramono, PDI Perjuangan tidak mau berpolemik atas pergantian posisi Ketua MPR.
Hanya saja, Pramono memastikan siapapun yang akan menjadi pengganti Taufiq Kiemas akan disepakati seluruh fraksi. "Siapapun yang diputuskan insya Allah akan disepakati oleh fraksi-fraksi," tandas Pramono. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar